Berbagai Program Pemerintah Tiyuh Tirta Kencana Mengedepankan Aspek Culture Yang Turun Temurun

0

Foto : Amrin Widayat, Kepalo Tiyuh Tirta Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat saat menyerahkan BLT kepada KPM.

Tulang Bawang Barat, tumang.id (SMSI) – Tiyuh Tirta Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) merupakan desa transmigrasi tahun 1973/1974 yang berada di Way Abung II/2, dan kini tiyuh ini berdekatan dengan kawasan pusat Pemerintahan Kabupaten setempat.

Yang mana letak administratif Tiyuh Tirta Kencana adalah terletak 7 Km dari Pusat Kecamatan, dan 4 Km dari Pusat Pemda Tubaba, dan berjarak 120 Km dari Pusat Pemerintahan Provinsi Lampung. Transmigran bertahan di Tiyuh ini disebabkan oleh ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai, kerabat hubungan darah, dan kepemilikan lahan yang luas.

“Mengacu pada berbagai aspek tersebut, kami bersama dengan masyarakat dari berbagai kalangan dan latarbelakang di Tiyuh ini melahirkan berbagai program, yang tak lupa juga menyelaraskan dengan program Pemkab Tubaba maupun pemerintah provinsi dan pusat,”ujar Amrin Widayat, Kepalo Tiyuh Tirta Makmur diruang kerjanya, Senin (1/7/2024).

Dijelaskan Amrin Widayat, terdapat 8 Suku (Rukun Warga/RW) di Tiyuh yang ia pimpin itu. Dengan jumlah Penduduk per 31 Desember 2021 tercatat sebanyak 5.517 jiwa, dan Luas wilayah 16,74 km², dengan rasio Kepadatan penduduk 330 jiwa/km².

“Pada sektor perekonomian masyarakat relatif sejahtera. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penduduk dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2024 ini hanya 33 KPM saja,”jelas Amrin Widayat.

Amrin Widayat juga menuturkan, Tiyuh Tirta Kencana telah melahirkan satu Tiyuh lagi yaitu Tiyuh Tirta Makmur berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pembentukan Kampung Tirta Makmur, Candra Mukti, dan Candra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

 

“Sebagai Tiyuh transmigrasi yang terbilang cukup tua, tentunya tak luput campur tangan pihak luar untuk turut serta dalam memajukan Tiyuh. Seperti, dibangunnya Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama (SD NU) 0 pada awal tahun 2022 lalu,”ujar dia.

Kemudian, sambung Amrin Widayat, diresmikan sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTM), dan lain sebagainya.” Baru-baru ini juga kita menyambut kehadiran 8 orang adik-adik mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Pertanian Bandung (IPB) yang akan melaksanakan tugas mereka selama 40 hari,”terangnya.

Amrin Widayat juga menjelaskan, kehidupan masyarakat Tiyuh Tirta Kencana sangat majemuk. Kehidupan sosial yang rukun, damai dan tentram yang terpancarkan sehari-hari bisa dilihat dari keberagaman budaya dan agama masyarakat.” Ini bisa dilihat dari aktifnya organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna, kemudian organisasi keagamaan seperti NU, AN Nida, GPIA, GITJ, dan PNIEL,”ujarnya lagi.

Pada Dana Desa tahun anggaran 2024 ink juga, imbuh Amrin, pihaknya telah merealisasikan Program Ketahanan Pangan dalam bentuk K3W (Kebun, Kandang, Kolam, dan Wisata) berupa pengadaan kolam kepada 10 kelompok. “Termasuk bantuan beras Bulog dari Pemda Tubaba juga sudah kita salurkan kepada masyarakat penerima,”pungkasnya. (*).

 37 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here