Dari Jumlah KPM BLT, Perekonomian Masyarakat Tiyuh Agung Jaya Terbilang Maju

0

FOTO : Rosadi, Kepalo Tiyuh Agung Jaya, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat saat membagikan BLT.

Tulang Bawang Barat, tumang.id (SMSI) – Tiyuh Agung Jaya, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) memiliki historis yang cukup panjang semenjak ditetapkannya sebagai Tiyuh melalui desa transmigrasi local (Translok) yang terbentuk pada Tanggal 24 Desember 1983, yang mana sekitar 300 Kepala Keluarga berasal dari daerah Lampung Tengah dan Lampung Selatan.

Saat itu, Tiyuh Agung Jaya merupakan wilayah administratif Kabupaten Lampung Utara Kecamatan Lampung Tengah. Yang kemudian, pada saat pemekaran wilayah otonomi menjadi Kabupaten Tulang Bawang, Tiyuh Agung Jaya masuk dalam wilayah Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

“Pada tahun 2001 terjadi pemekaran wilayah Kecamatan Tulang Bawang Tengah Tiyuh ini masuk ke wilayah Kecamatan Lambu Kibang dan pada Tahun 2005 mengalami pemekaran kembali masuk dalam wilayah Kecamatan Way Kenanga,”cerita singkat Rosadi, Kepalo Tiyuh Agung Jaya diruang kerjanya, Kamis (4/7/2024).

Rosadi menambahkan, pada tahun 2009 terjadi pemekaran Kabupaten dari Kabupaten Tulang Bawang menjadi Kabupaten Tulang Bawang Barat Kecamatan Way Kenanga sampai saat ini.” Saat ini terdapat 5 Suku (Rukun Warga/RW) yang didalamnya terdapat 20 Rukun Tetangga (RT),”tambahnya.

Dijelaskannya, populasi penduduk yang selalu di-update oleh Pemerintah Tiyuh Agung Jaya berkisar 2.300an jiwa, yang mana aktivitas mayoritas masyarakatnya sebagai petani atau pekebun.

“Perekonomian masyarakat kita terbilang cukup maju, dari sekian jumlah populasi penduduk, hanya sebagian kecil yang masuk dalam Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (KPM BLT DD),”tutur Rosadi.

Rosadi juga menjelaskan, BLT DD per triwulan kedua tahun anggaran 2024 ini sudah didistribusikan.” Untuk pembagian BLT DD Tiyuh Agung Jaya ini yang sudah kita salurkan yaitu sampai dengan periode Bulan Juni, hanya 28 KPM saja yang diberikan BLT DD di Tiyuh ini,”tukasnya. (*).

 32 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here