Program Nasional Ketahanan Pangan Tiyuh Tri Tunggal Jaya Berdayakan TP PKK dan Masyarakat

0

Foto : Peninjauan Kolam Ikan milik TP PKK Tiyuh Tri Tunggal Jaya.

Tulang Bawang Barat, Tumang.id (SMSI) – Pemerintah Tiyuh Tri Tunggal Jaya Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dana Desa tahun anggaran 2024 ini telah merealisasikan kegiatan pengadaan benih sayur-mayur dan benih ikan.

Kegiatan itu dalam rangka mendukung Program Nasional Pemerintah terkait Ketahanan Pangan serta Pencegah dan menangani kondisi pertumbuhan anak yang terhambat akibat kekurangan gizi kronis (Stunting), yang sekaligus memberdayakan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) setempat.

“Tahun Anggaran 2024 ini kami telah merealisasikan pembelian benih ikan lele, yang pengelolaannya dilakukan oleh TP PKK Tiyuh Tri Tunggal Jaya. TP PKK Tiyuh ini memang sudah memiliki kolam ikan yang dibangun saat adanya program ketahanan pangan,”kata Sumino, Kepalo Tiyuh Tri Tunggal Jaya, diruang kerjanya, Jum’at (30/8/2024).

Sumino menambahkan, selain benih Ikan lele, melalui dana desa pula pihaknya telah mengadakan benih sayur-mayur yang pengelolaannya dilakukan secara langsung oleh masyarakat.” Untuk benih sayur-mayur, benih cabai dan sejenisnya juga sudah kita salurkan kepada masyarakat,”jelasnya.

Dirinya juga menerangkan bahwa, baik benih ikan dan benih sayur-mayur tersebut merupakan program skala prioritas untuk ketahanan pangan.” Untuk di Tubaba program ketahanan pangan ini dikemas dalam kegiatan Kebun, Kandang, Kolam dan Wisata (K3W), itulah yang kita realisasikan setiap tahunnya,”ujar Sumino.

Sumino mengharapkan agar masyarakat Tri Tunggal Jaya dapat memanfaatkan program pemerintah tersebut.” Kegiatan K3W ini yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Mudah-mudahan dampak manfaatnya dapat kita rasakan bersama,”pungkasnya. (*).

 20 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here