Penjelasan Dinkes Tubaba Terkait Meninggalnya Warga Mulya Asri Yang diduga Karena Covid-19

0

Kepala Dinas Kesehatan Ns, Majril, S.Kep/ tumang.id

Tulang Bawang Barat, tumang.id – Adanya kabar warga kelurahan Mulya Asri Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tubaba atas nama Sutrisno (61) yang diduga meninggal dunia akibat Covid-19, begini penjelasan dinas kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba, Ns, Majril, S.Kep. Menjelaskan bahwa pasien yang di duga meninggal dunia akibat Covid-19 ini tidak pernah dirawat di RSUD Tubaba.

“kami tidak pernah memberikan statement ataupun informasi, karena pasien ini adalah pasien umum yang berobat di rumah sakit swasta di Bandar Jaya, pasien dengan lanjut usia dengan kasus penyakit kronis dan komplikasi,” kata Majril melalui sambungan telepon.

Majril juga menyampaikan, Setelah mendapatkan informasi dari keluarga, yang pasti RSUD Tubaba atau Dinas Kesehatan tidak pernah merujuk pasien atas nama almarhum Sutrisno, yang kedua Dinas Kesehatan dan RSUD Tubaba tidak pernah mengambil sempel swab pasien tersebut untuk diperiksakan di laboratorium.

“Dan sampai saat ini juga kami tidak pernah menerima hasil itu hasil tertulis, karena informasi pasien itu sudah lama sakit, dan sebelum pasien meninggal dunia di hari Sabtu sempat di ambil sempel Sweb, baru dapet informasi tanggal (1/10/2020) kemarin hasil nya positif,” Jelasnya.

“Karena pasien yang meninggal dunia ini tidak ada riwayat bekerja di luar daerah dan kontak dengan orang yang barusan pulang juga tidak pernah dan dengan orang yang barusan pulang dari luar negeri juga tidak pernah, kan aneh, begitu intinya,” Terangnya.

Sejauh ini Dinas Kesehatan Tubaba dan pihak Puskesmas Mulya Asri telah berupaya untuk mendata dan melakukan tracking kepada warga atau keluarga yang sempat kontak dengan almarhum Sutrisno.

“Setelah mengetahui hasil tersebut kami Dinas Kesehatan dan Puskesmas Mulya Asri berinisiatif untuk melakukan tracking, terkait benar atau tidak itu positif kita tetap mengambil langkah, dan sekarang masih proses berjalan dan kami meminta kelurahan untuk mendata baik keluarga ataupun warga masyarakat yang saat itu ikut memandikan dan memakamkan jenazah,” Kata Majril. (RD)

 454 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here