Perlunya Terobosan Kreatif Atasi Masalah Ketahanan Pangan Nasional

0

Saat acara Silakda ICMI Orda di Kabupaten Sumedang/ tumang.id

Tasikmalaya, tumang.id – Silakda ICMI Orda di Kabupaten Sumedang, dalam acara tersebut Dede Farhan Aulawi selaku Dewan Pakar ICMI Jawa Barat (Jabar), menyampaikan pentingnya ketahanan pangan didalam tingkat Nasional yang bukan hanya sekedar isu semata.

“Masalah ketahanan pangan saat ini tidak sekedar menjadi isu menarik untuk dibahas di tingkat nasional saja, melainkan juga sudah menjadi isu strategis global,” Kata Dewan Pakar ICMI Jabar Dede Farhan Aulawi yang disampaikan saat menghadiri Silakda ICMI Orda kabupaten Sumedang di Sumedang, Selasa (3/11).

Selanjutnya Dede juga menyampaikan, 3 masalah penting ketahanan pangan, yaitu
1 Pengurangan luas area daratan akibat abrasi laut dan peningkatan volume air laut karena pemanasan global,
2 Alih fungsi lahan pertanian produktif, dan
3 Minimnya kesejahteraan profesi tani. Tiga permasalahan strategis tersebut, secara kumulatif menjadi persoalan fundamental yang harus diselesaikan oleh lintas fungsi dan multi kepakaran,” Ujar Dede

Selain itu, Dede Farhan Aulawi juga memberikan motivasi sebagai upaya dalam bekerja sama memjaga kelestarian alam dan membentuk tata ruang sebagai upaya peningkatan kesejahtaraan petani.

“Dalam konteks ini, maka perlu upaya- upaya kebersamaan. Baik dalam membangun kesadaran kolektif dalam menjaga kelestarian alam, penegakan aturan tata ruang, dan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Oleh karenanya, ICMI harus tampil memberikan sumbangsih pemikiran kreatif dan inovatif dalam memberikan jalan keluar agar ketahanan pangan nasional bisa meningkat ,” Pungkas Dede. (RD)

 1,641 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here