Waspada Bencana Alam, BPBD Tubaba Lakukan Persiapan

0

Nisom, SH., MM., Kepala BPBD Tubaba/ tumang.id

Tulang Bawang Barat, tumang.id – Menjelang musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), mempersiapkan peralatan penanggulangan bencana dan mengimbau masyarakat yang berada bantaran sungai untuk selalu waspada, Selasa (17/11/2020).

Kepala BPBD Tubaba Nisom, SH., MM, yang di wakili Kepala Bidang Pencegahan Dan Kesiapsiagaan BPBD Tubaba MD. Thiodorra mengatakan, dalam musim penghujan banyak persiapan yang perlu di siapsiagakan. Di Tubaba, bencana banjir dan angin puting beliung merupakan bencana yang harus kita siap siagakan.

“Kita ketahui bahwa dalam musim penghujan Tubaba indentik dengan kebanjiran, oleh sebab itu kita dari BPBD memastikan kesiapan untuk penanggulangan kejadian bencana tersebut. Ada satu kecamatan di Tubaba yang masuk dalam lingkaran bahaya angin puting beliung yaitu di kecamatan Tumijajar, dan hanya beberapa tiyuh saja, hal ini kita dapatkan dari BMKG,” kata MD. Thiodorra.

Mengingat bahaya yang diprediksi BMKG tersebut, yang merupakan bencana alam banjir dan angin puting beliung, tentunya BMKG telah mempersiapkan peralatan untuk membantu masyarakat yang akan terkena terdampak bencana alam tersebut dan menghimbau kepada masyarakat yang berada dikawasan bataran sungai agar selalu waspada.

“Saat ini kita telah mempersiapkan perahu karet seperti tahun lalu, yang mana untuk pengangkutan warga terdampak banjir dan kita juga persiapkan logistik seperti pakaian bayi peralatan dapur dan lainnya. Selain itu Untuk bantuan bencana kemungkinan besar kita akan kerjasama dengan Pemkab Tubaba dalam hal ini Dinas Sosial, dan kemungkinan besar ada bantuan berupa beras atau sembako,” jelasnya. (MG)

 1,037 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here