KKN Dari Rumah, Berbagi Kegiatan Positif Kepada Masyarakat

0

Mahasiswa KKN Dari Rumah/ tumang.id

Bandar Lampung, tumang.id – UIN Walisongo Semarang mengadakan KKN Reguler 75 Dari Rumah bertema Jogo Tonggo mulai dari tanggal 6 Oktober – 19 November 2020. KKN ini diikuti oleh 2170 Mahasiswa yang terbagi menjadi 150 kelompok dan tersebar di 22 provinsi. Adanya KKN Dari Rumah ini, dilakukan sebagai upaya Penyebaran potensi dalam melakukan pemberdayaan dan memberikan pendampingan masyarakat serta meningkatkan kualitas hidup di masa Pandemi Covid-19.

Dalam Program KKN Reguler 75 Dari Rumah ini, diharapkan para mahasiswa dapat memberikan kontribusi dalam pengabdiannya melalui invovasi dan kreativitas kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Salah seorang mahasiswi UIN Walisongo Semarang asal Lampung, Elis Destriani Hidayah membagikan pengalamannya terkait kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama menjalankan KKN dari rumah. Kegiatan KKN yang dilakukan tersebut bertempat di desa Ratna Chaton, Kecamatan Seputih Raman, Lampung tengah.

“Kegiatan-kegiatan dalam KKN Dari Rumah ini terbagi menjadi dua jenis yaitu secara online dan offline. Jika secara online, kegiatan yang dilakukan yaitu membuat konten kreatif seperti video, meme, player yang berisi pesan atau info-info untuk masyarakat dan diunggah diakun sosial media. Sedangkan jika secara offline kegiatan yang dilakukan melibatkan masyarakat di sekitar rumah.” Jelas Elis Destriani. Jum’at (20/11/2020).

Adapun Kegiatan KKN secara offline yang telah dilakukan yaitu memasang spanduk pesan kemasyarakatan, membagikan brosur pencegahan covid-19, memberikan sosialisasi cuci tangan menurut WHO sebagai upaya pencegahan covid-19, memberikan sosialisasi senam mata pada remaja demi menjaga kesehatan mata selama belajar online, mengajar ngaji, memberikan les gratis hingga mengadakan acara lomba gebyar hari santri.

Tentunya Berbagai Kegiatan positif ini, memberikan pengalaman yang sangat luar biasa. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai gambaran agar ketika lulus kuliah, dapat terjun langsung di masyarakat dengan menularkan ilmu yang telah didapatkan dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya. (Ade)

 671 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here