Sekolah Minim Perawatan, Kadisdik akan Tindak Tegas

0

Usman Karim Kadisdik Way Kanan/ tumang.id

Way Kanan, tumang.id – Usman Karim Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan, sayangkan Kepala Sekolah (Kepsek) tidak merawat ringan sekolahnya.

Kadisdik Way Kanan Usman Karim, pada saat diminta tanggapan, terkait minimnya perawatan ringan beberapa bagian atap dan Plafon SD Negeri 01 Bukit Gemuruh, Kecamatan Way Tuba. Ia menyampaikan, Pemerintah sudah memberikan Bantuan Operasional Sekolah (Bos), tinggal menyisihkan itu saja kenapa jadi tidak bisa.

“Masak nyisihkan satu juta saja Kepsek keberatan,” kata Usman Karim Kadisdik Way Kanan, yang ditemui awak media diruang kerjanya, Selasa (22/12/20).

“Jumlah siswa SD itu sekitar 150 orang, jadi masih bisa untuk menyisihkan dana perawatan ringan. Apalagi Pemerintah sudah memberikan Bos reguler, tentunya dana itu ada untuk digunakan perawatan ringan, bagi kantor sekolah,” tegas Usman.

Lebih lanjut Usman, menuturkan, Tapi kalau sudah katagori kerusakan sedang, maka perawatan dilihat dari jumlah siswa atau jumlah penghasilan sekolah. Dan biaya perawatan ringan, atau sedang, mungkin pihak sekolah yang lebih mengetahui.”

“Jika sekolah itu tidak mampu, maka bisa meminta bantuan komite, tapi jangan melanggar Peraturan Mentri Pendidikan Nomor : 75 tahun 2016. Jadi jangan sembarang meminta iuaran pada siswa. Kalau meminta iuaran dengan siswa maka dilarang, tidak diperbolehkan,” jelas Usman Karim.

Selain itu, Kadisdik Usman mengatakan, Dia akan turun langsung untuk mengecek kebenaran sekolah tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Senin 7/12/2020 lalu, ditemukan adanya indikasi korupsi dana Bos tahun 2020. Oleh Kepala SD Negeri 01 Bukit Gemuruh.

Dimana salah satu item alokasi dana Bos, terdapat perawatan ringan, namun sayang, Dana itu seakan raib tidak jelas peruntukannya. Sehingga masih ditemukan ada beberapa bagian gedung yang minim perbaikan.

Dari pantauan awak media, Sabtu 5/12/2020, lalu. Nampak beberapa bagian ruang guru serta ruang belajar siswa SD Negeri 01 Bukit Gemuruh, mengalami kerusakan.

Saat dihubungi melalui telepon selulernya, sejak Sabtu 5/12/2020 hingga berita, dilangsir. Senin 7/12/2020. Ponsel milik Beri Gunawan sebagai Kepsek tidak bisa dihubungi. (Muchtar)

 208 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here