Riswan Mura Beri Solusi Bagi Petani Saat Harga Singkong Anjlok, Ini Yang Dilakukannya!

0

Kerjasama menanam Pisang Cavendis bersama koordinator Kecamatan/ Tumang.id

TULANGBAWANG, Tumang.id – Gerakan Tulangbawang Bangkit ( GTBB ) membentuk Tim Kordinator Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung, pada jumat (25/12/20).

Ketua Umum GTBB mengatakan pembentukan tersebut dalam rangka menanggulangi gejala sosial ditengah pandemi Covid 19 Melanda.

Bentuk kerjasama penanaman pohon pisang jenis Cavendies di wilayah Kecamatan Banjar Baru adalah strategi GTTB dalam memberdayakan Petani. ” Mudah-mudahan langkah tersebut bisa membantu para petani yang saat ini sedang mengeluh dengan harga singkong anjlok total,” Ungkap Riswan Mura Tokoh Muda Tulang Bawang pencetus GTTB.

Riswan menjelaskan, perjuangan yang mereka lakukan saat ini yakni sedang mengajak masyarakat hijrah agar bisa menanam pisang cavendies dengan metode bermitra dengan CV Tulang Bawang Bangkit yang didalamnya terdapat Waroeng Pro Rakyat (WPR).”Agar bisa memiliki hasil 250 juta pertahun dalam 1 hektar karena pisang Cavendis ini dua kali panen dalam setahun,”jelasnya.

Dengan demikian, sambung dia, masyarakat bisa terbantu meringankan beban hidup mereka. Karena, WPR miliknya memberikan keringanan seperti pupuk dan bibit pisang Cavendis tersebut.” Pupuk kita hutangkan 100%, bibit pisang bayar 50% harga kita kontrak dengan petani, prinsipnya Momerandum Of Understanding (MoU),”tutur Riswan Mura yang merupakan Direktur Utama CV Tulang Bawang Bangkit ini.

Sementara, Suharta, yang baru saja diangkat menjadi Koordinator Kecamatan (Korcam) WPR dan diberikan Surat Perintah Kerja (SPK) menegaskan kesiapan mereka untuk bekerjasama dengan CV Tulang Bawang Bangkit dalam hal penanaman Pisang Cavendis.

“Kami siap melaksanakan tugas ini dan dengan senang hati saya bersama kelompok tani dan gapoktan bisa beralih menjadi mitra Gerakan Tulangbawang Bangkit dan dalam waktu dekat kami akan bentuk kordes-kordes (Koordinator Desa) di dalam kecamatan yang kami pimpin,”tegas Suharta. (Aziz)

 354 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here