Bupati Way Kanan Dukung Program Pelatihan UMKM

0

Acara pelatihan UMKM di gedung serba guna/ tumang.id

Way Kanan, tumang.id (SMSI) – Dimasa Pandemi Covid-19, adalah dimana masa semua orang sangat merasakan kesulitan untuk mencari nafkah untuk kehidupan sehari-hari. Covid-19 berimbas ke semua kalangan, baik itu pejabat maupun masyarakat biasa. Dengan alasan ini seorang pemimpin harus bekerja exstra untuk mencarikan solusi bagaimana caranya agar roda perekonomian bisa tetap berjalan agar masyarakat dikalangan menengah kebawah tetap bisa bertahan dimasa pandemi ini.

Hal itu yang saat ini sedang dilakukan Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, SH.,MM., yaitu dengan fokus melirik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bertempat di Gedung Serba Guna Pemda Way Kanan Raden Adipati Surya lakukan kegiatan pelatihan kewirausahaan UMKM mandiri secara Virtual.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintaha Daerah Kabupaten Way Kanan menyambut baik atas terselenggaranya, kegiatan pelatihan kewirausahaan UMKM. Terima kasih kepada PT. Indomarco Prismatama yang telah bersedia bekerja sama untuk membantu dan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Way Kanan, sehingga dapat membantu mewujudkan salah satu misi Kabupaten, yaitu Meningkatkan Perekonomian Daerah Berbasis Kawasan didilukung ketersedian Infrastruktur yang salah satu nya pengembangan Sumber Daya Manusia(SDM) dan UMKM,” kata Bupati yang diwakili Sekda Saipul, S.Sos., M.IP., Rabu (24/03/21).

Seperti yang kita ketahui bersama jumlah penduduk Kabupaten Way Kanan tahun 2019 berjumlah 450.109 jiwa dengan laju pertumbuhan berdasarkan data BPS Tahun 2019 sebesar 0,95%,Jumlah angkatan kerja 247.645. Jumlah penduduk miskin 58.720 Jumlah UMKM 34.000 terdaptar pada diskop dan UKM Kabupaten Way Kanan. Kami harapkan denfan mengikuti pelatihan ini para pelaku usaha dapat:

Meningkatkan produktitivitas Melalui pelatihan UMKM ini diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupum dengan manajerial.

Meningkatkan Kapabilitas Para pelaku usaha di harapkan memiliki kemampuan mengeksploitasi secara baik sumber daya yang dimiliki guna meningkatkan usaha dan dapat menyelesaikan permasalahan operasional usahanya.

Pemanfaatan Produk Daerah Diharapkan peleku usaha dapat memanfaatkan bahan mentah yang mana merupakan ciri khas daerah sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan manfaat lainnya dapat dicapai.

Diakhir sambutan ini saya berharap dari Acara Pelatihan dengan tema strategi UMKM Bertahan Dimasa Pandemi Covid-19 pada hari ini. Agar para pelaku usaha mampu memberikan jawaban atas kebutuhan lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat tidak hanya berperan sebagai konsumen saja di era globalisasi dan perdagangan bebas, ikut ambil bagian secara aktif dalam perdagangan bebas tersebut. (Muchtar)

 130 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here