Tiyuh Gilang Tunggal Makarta Realisasikan DD Tahap Pertama Sesuai dengan Keinginan Masyarakat

0

Pembangunan fisik di Tiyuh Gilang Tunggal Makarta/ tumang.id

Tulang Bawang Barat, tumang.id (SMSI) – Pemerintah Tiyuh Gilang Tunggal Makarta Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) telah mengimplementasikan dana desa tahap pertama tahun anggaran 2021.

Dikatakan oleh Jaeni Dahlan, Kepalou Tiyuh Gilang Tunggal Makarta bahwa, ada dua kegiatan prioritas yang digarap dalam tahap pertama dana desa tersebut, yakni kegiatan fisik dan non fisik.

“Realisasi DD tahap 1 Tiyuh Gilang Tunggal Makarta Untuk pekerjaan fisik yaitu, membangun drainase sepanjang 250 meter di Suku 3 RT 14, kemudian pengadaan instalasi air di Tempat Pemakaman Umum (TPU),” ungkap Jaeni Dahlan, Kamis (29/4/2021).

Ia menambahkan soal kegiatan fisik, pihaknya juga mengakomodir kepentingan ruang terbuka tepatnya pada taman rekreasi sesuai dengan permintaan masyarakat.” Ada pengadaan sarana dan prasarana Taman Amarta Garden seperti lampu taman, sarana bermain anak, pengadaan bibit buah buahan. Ini juga merupakan kegiatan fisik,” sambung Jaeni.

Jaeni Dahlan menjelaskan, terealisasi pula Non fisik terkait 8% program kegiatan Refocusing Masyarakat berbasis micro untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Tiyuh Gilang Tunggal Makarta.

“Yaitu, Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD kepada 24 orang KPM, Pembagian sembako beras kepada 480 KK masing masing 5 kilogram, dan Pembagian bingkisan parcel Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah kepada 80 orang relawan tiyuh Satgas Covid-19,” tutur Jaeni Dahlan.

Selain itu, sambung Jaeni, juga ada kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia mulai dari Aparatur Tiyuh hingga ke masyarakat.”Implementasinya pada peningkatan kapasitas Pemerintahan Tiyuh, kemudian Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh, dan Pembinaan Masyarakat Tiyuh,” terang dia.

Jaeni Dahlan menegaskan, realisasi dana desa tahap pertama di Tiyuh Gilang Tunggal Makarta semua yang dilaksanakan sesuai dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh (APBT) dan tentunya hasil musyawarah bersama masyarakat.

“Meski demikian saya tetap berharap kepada para tokoh-tokoh yang ada di Tiyuh Gilang Tunggal Makarta dan secara umum terhadap masyarakat mari kita bersama-sama mendukung program pembangunan kita bersama ini demi kemajuan tiyuh, tak ketinggalan pula dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 ini. Kepada Pemda Tubaba terutama Pak Bupati Umar Ahmad kami akan senantiasa selalu mengharapkan bimbingan dan arahan demi tercapainya apa yang kita harapkan bersama,” pungkasnya. (Mg)

 390 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here