Keluhan Warga Tubaba Saat Razia Kendaraan Di Tempat Pariwisata, Kasat Lantas Ngeles

0

Razia Satlantas Polres Tubaba di depan Islamic Center / tumang.id

Tulang Bawang Barat, tumang.id – Ditengah gencarnya Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung membangun tempat-tempat wisata untuk menjadi tempat tujuan para wisatawan baik dari warga sekitar yang hanya sekedar ingin bersantai maupun dari luar daerah rupanya tidak didukung dengan sikap Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres setempat.

Keluhan pengunjung muncul saat Satlantas Polres Tubaba melakukan razia ditempat Wisata yang sedang ramai seperti didepan Islamic Center Kabupaten setempat pada Jum’at 25 September 2020. Salah seorang pengendara pun mengungkapkan tiba-tiba ia di stop oleh Polantas yang bertugas dan menanyakan kelengkapan kendaraan.

“Masak di Islamic Center ada razia, motor saya dibawa ke polres karena nggak bawa surat, nggak pakai helm, sedih juga motor satu-satunya buat kerja nyadap, memang surat sebelah nggak ada BPKB ada STNK saja, BPKB di Jakarta sama saudara di leasing sudah lama nggak di ambil karena nggak mampu bayar, lagi pula ini motor sudah buruk ya sudahlah nggak apa-apa,” ucapnya HA melalui via cellulernya, Jum’at (25/09/2020) kemarin.

“Sangat disayangkan nggak ada papan plang razia jadi nggak tahu, biasanya memang polisi disitu terus saya kira ada kegiatan pemerintahan,” sesal HA.

Hal senada juga dikatakan BW salah satu siswa yang terkena razia saat dirinya hendak ke Sekolah.”Motor saya dibawa ke Polres karena nggak bawa suratnya, saya mau sekolah kena tilang di seputaran depan polres, padahal seharusnya dikasih teguran terlebih dahulu apalagi saya mau sekolah,” katanya yang disampaikan kerabatnya melalui pesan WhatsApp.

Tidak hanya sampai disitu kegiatan razia yang dilakukan Satlantas Polres Tubaba didepan Islamic Center juga dikeluhkan masyarakat melalui Media Sosial Facebook melalui Akun Yudi Satep dengan menuliskan “Maaf numpang tanya yang awam ini, ada rangka acara apa ea jam 4 lebih (sore) ada razia” tulis akun tersebut yang juga di posting foto digelarnya razia tersebut, sehingga dibanjiri ratusan komentar.

Menanggapi hal tersebut IPTU Suarjono Suryaningrat, Kasat Lantas Polres Tubaba, mewakili Kapolres Tubaba AKBP.Hadi Saepul Rahman, S.Ik. mengatakan kegiatan razia tersebut dalam rangka agar pengendara mentaati Tata Tertib Berlalu Lintas karena sebelum-belumnya sudah dilakukan peneguran bagi pengendara, mengingat Polres Tulang Bawang Barat sudah berdiri hampir satu tahun.

“Jadi itu agar tatib berlalu lintas, banyak kecelakaan yang diawali dengan pelanggaran termasuk saya salah satu korbannya. Mobil saya di tabrak oleh motor yang melawan arus dan tidak menggunakan helm. Untung pengendara motornya luka ringan saja dan mobil saya hancur bagian depannya,” ungkap Suarjono pada Sabtu 26 September 2020.

“Masih banyak pelanggaran di jalan utama, setiap pagi kami berikan peneguran terhadap pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm didepan polres. Kegiatan razia sudah kami lakukan dibeberapa lokasi. Sampai saat ini banyak motor yang kami amankan dipolres dan belum diambil oleh pemiliknya,” pungkasnya. (RK/Rls).

 1,257 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here