Ketua SMSI Tubaba Berikan Cinderamata Berupa Barang Unik Kepada Wakil Bupati Lampung Barat

0

Ketua SMSI Tubaba Mukaddam memberikan oleh-oleh kepada Wabup Lambar Mad Hasnuri / Doc.SMSI

Tulang Bawang Barat, Tumang.id (SMSI) – Pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Tulang Bawang Udik yang ke 50 tahun, ada hal yang menarik lainnya yang berlangsung untuk membangun kebersamaan sebagaimana slogan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yakni ‘Kebersamaan Menuju Keberhasilan’.

Mukaddam, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Tubaba mengabadikan momen yang sangat berharga. Pria yang dikenal santai dalam bersikap ini berkesempatan untuk menjalin hubungan silaturahmi yang erat dengan Mad Hasnuri, Wakil Bupati Lampung Barat (Lambar) yang pernah menjabat sebagai Camat Tulang Bawang Udik dan turut hadir dalam acara peringatan HUT kecamatan tersebut, Sabtu (29/1/2022).

Suppit, sebutan terhadap benda unik yang manfaatnya untuk menyimpan handphone ataupun barang lainnya yang kerap membuat kita ribet untuk membawanya. Cinderamata berupa Suppit ini bisa membuat kinerja kita menjadi simpel.

Dibahas lebih dalam lagi, Suppit ini oleh masyarakat Lampung khususnya warga Kecamatan Tulang Bawang Udik pada jaman dulu merupakan suatu perabot yang sering digunakan untuk menyimpan barang kecil.

Cara pembuatan Suppit juga sangat simpel, hanya saja material multi guna yang menjadi bahan utama Suppit tersebut mulai sulit didapatkan yakni terbuat dari bahan Tiqew (sejenis Nipah) yang segaja ditanam atau tumbuh sendiri di rawa, kegunaan Tiqew bukan hanya untuk pembuatan Suppit, melainkan juga untuk bahan anyaman tikar, topi, Kedirun (Bakul) dan wadah barang-barang lainnya.

Mukaddam menuturkan, dirinya memberikan cinderamata kepada Wabup Lambar sebagai ungkapan rasa bangga atas kehadiran Mad Hasnurin di Kecamatan Tulangbawang Udik. “Selain itu juga, sebagai bagian dari warga Tubaba, Mukaddam turut mempromosikan hasil karya tangan warga lokal agar lebih dikenal dunia luar sehingga memiliki nilai jual dengan harapan menjadi produk brand Kabupaten Tubaba,”tuturnya.

Seusai menerima pemberian cinderamata itu, Mad Hasnurin mengucapkan terimakasihnya atas pemberian oleh-oleh khas Kabupaten Tubaba oleh seorang wartawan yang peduli akan kejayaan masa lampau warga lokal.”Ini unik dan baik, baik juga untuk dilestarikan,”ucap Wabup Lambar ini seraya mengatakan bahwa ketika menjabat Camat Tulang Bawang Udik masyarakat setempat memang memiliki inovasi dalam mengembangkan peninggalan nenek moyang.

Diketahui, tanaman tiqew saat ini tengah dilestarikan di wilayah Kecamatan Tulangbawang Udik Kabupaten Tulangbawang Barat. Masyarakat setempat diketahui memang sangat kental dengan kearifan lokal yang inovasinya mampu berdaya saing dan memiliki nilai jual tinggi. (Tim SMSI).

 107 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here