Tingkatkan Moril Anak Perbatasan, Serda Erwin Antar Siswa Ke Sekolah

0

Serda Erwin bonceng anak sekolah/ Tumang.id

Nusa Tenggara Timur, Tumang.id –Putus sekolah adalah persoalan serius yang dihadapi anak anak perbatasan. Selain permasalahan biaya, jarak sekolah yang jauh juga faktor penyebab anak anak di perbatasan memiliki semangat yang rendah untuk menempuh ilmu di sekolah.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Senin (28/9/2020).

Dikatakannya, Serda Erwin personel pos Dafala melaksanakan kegiatan mengantar siswa ke sekolah untuk memberikan moril tinggi sehingga bisa mendorong semangat mereka untuk mau belajar ke sekolah.

“Serda Erwin mengantar anak sekolah yang berasal dari desa Dafala, Rt 004/ Rw 003, dusun Oeoan, kecamatan Tasifeto Timur, kabupaten Belu, NTT dengan menggunakan sepeda motor karena merasa kasihan melihat anak-anak sekolah saat berangkat ke sekolah harus menempuh dengan berjalan kaki yang jaraknya lumayan jauh sekitar 1 Km.” jelasnya

Kembali dikatakannya bahwa kehadiran personel Satgas Yonif RK 744/SYB adalah untuk semaksimal mungkin dapat membantu segala kesulitan yang terjadi di masyarakat khususnya mereka di wilayah perbatasan.

Menurut keterangan dari Serda Erwin yang mengantar siswa mengungkapkan jika anak anak desa Dafala kesehariannya ke sekolah yang berjarak 1 Km dari rumah, mereka tempuh dengan berjalan kaki dimana karena tubuhnya yang masih kecil sehingga waktu tempuh yang dibutuhkan selama perjalanan ke sekolah sekitar hampir 1 jam lamanya.

“mereka hebat walaupun perjalanan menuju ke sekolah cukup jauh, tapi tidak menyurutkan Semangat mereka bersekolah.” kata Erwin

Transportasi yang sulit dan jarak yang cukup jauh yang harus ditempuh menjadi satu hambatan bagi pelajar. Hal ini menggugah hati Satgas pamtas RI-RDTL, khususnya yang tinggal di rumah-rumah warga turut membantu mengantar anak-anak kesekolah menggunakan motor.

“hal seperti ini harus kita dukung untuk menunjang kebutuhan belajar mereka. Kelak merekalah yang akan menjadi penerus bangsa yang menggantikan kita nanti dan membangun wilayah mereka sendiri dikemudian hari,” imbuhnya.

Di tempat terpisah Lettu Inf I Gusti Saputta S,H selaku Dankipur 3 Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Pos Dafala mengungkapkan harapannya.

“semoga di masa depan para pelajar ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak lainnya. Sehingga, pelajar juga memiliki semangat yang tinggi untuk menimba ilmu sebagai bekal sebagai generasi penerus bangsa.” harapnya. (Rls).

 82 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here